You are here

Prodi S2 PSn Gelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal Internasional

Program Studi Pendidikan Sains (PSn) PPs UNY terus berusaha meningkatkan kualitas mahasiswanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan Workshop Penulisan Artikel Jurnal Internasional sehingga mahasiswa memiliki bekal untuk dapat mengembangkan kemampuannya terutama dalam penelitian dan penulisan yang dipublikasikan melalui jurnal internasional. Workshop ini dilaksanakan pada hari Rabu, 12 November 2014  dengan mengundang Bambang Sumintono, Ph.D. selaku narasumber utama dalam kegiatan ini. Beliau merupakan akademisi yang kompeten di dunia penulisan artikel jurnal internasional. Hal ini ditunjukkan dengan status yang dimilikinya yaitu sebagai reviewer jurnal internasional yang diwadahi oleh SCOPUS dan ISI sekaligus sebagai dosen Institute of Educational Leadership, Universiti of Malaya. Kegiatan ini turut mengundang Direktur Program Pascasarjana dan Ketua Prodi IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi karena pada tahun 2014 Program Studi Pendidikan Sains diberi kepercayaan oleh DIKTI untuk difokuskan ke dalam 4 program studi serta dihadiri oleh seluruh mahasiswa PSn.

Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. selaku Direktur Program Pascasarjana UNY membuka secara resmi pelaksanaan Workshop Penulisan Artikel Jurnal Internasional. Beliau mengatakan bahwa di dunia pendidikan saat ini seorang mahasiswa dituntut untuk dapat mengembangkan diri dalam berbagai penelitian untuk menciptakan pengetahuan sehingga diperlukan peran serta lembaga seperti program studi untuk mengembangkan kemampuan ilmiah mahasiswa. Salah satunya dengan mengadakan workshop ini. Setelah dibuka secara resmi, peserta workshop menerima berbagai pengetahuan dari narasumber yang terdiri atas 4 materi pokok yaitu terkait dengan jurnal ilmiah, riset dan publikasi jurnal, plagiarisme, dan tata cara pengiriman jurnal internasional yang diwadahi oleh SCOPUS dan ISI.

Banyak pengetahuan baru yang diberikan oleh Bambang Sumintono, Ph.D di aula lantai 3 Gedung Baru Pascasarjana UNY sehingga menginspirasi mahasiswa bahkan menginspirasi Dr. rer. nat. Senam selaku Ketua Prodi Pendidikan Kimia yang menyatakan bahwa “saya begitu terinspirasi oleh narasumber terhadap pengetahuan yang disampaikan pada workshop ini”. Ketertarikan tersebut ditunjukkan pula dengan antusiasme dan ekspresi dari rasa ingin tahu yang besar oleh mahasiswa Prodi PSn pada saat pelaksaaan workshop. Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB ditindaklanjuti dengan penugasan penulisan 1 lembar ringkasan tesis dalam bahasa Inggris untuk mata kuliah Kapita Selekta Sains dan 3 bulan berikutnya mahasiswa diminta menyerahkan penulisan artikel internasional mulai dari pendahuluan hingga metode penelitian terkait penelitian tesis yang akan diteliti. (ricka)
 

PENGUMUMAN

16 Feb 2015 - 1:35pm
16 Feb 2015 - 1:26pm

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)