You are here

Semnas Pendidikan Sains: Pembelajaran Sains yang Inovatif dan Berkarakter

Pada hari Sabtu (26/10/2013) Program Studi Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta kembali mengadakan Seminar Nasional Pendidikan Sains dengan mengusung Tema “Pembelajaran Sains yang Inovatif dan Berkarakter dalam Implementasi Kurikulum2013 untuk Menjawab Tantangan Hidup Abad XXI”.

Seminar tersebut menghadirkan 3 pembicara, yaitu Prof. Dr. I Wayan Santyasa (Guru Besar Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Ganesha), Prof. Dr. Nuryani Rustaman (Guru Besar Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia), dan Prof. Dr. Mundilarto (Guru Besar Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta).

Peserta seminar beasal dari berbagai universitas di Indonesia dan diikuti oleh lebih dari 200 orang peserta. Terdapat lebih dari 20 pemakalah pendamping mempresentasikan makalah penelitian mereka dengan sub tema yang telah ditentukan pihak panitia.

Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB dan berlangsung dengan khidmat, dan para peserta juga terhibur dengan dihadirkankan Angklung Grup Mahardika yang membawakan lagu khas Jawa dangan alunan musik koplo nya.

Menurut seorang peserta, “Dari segi pelaksaan sangat baik, para peserta juga mendapatkan ilmu dari pemakalah utama. Kemudian sewaktu acara saya merasa terhibur dengan adanya hiburan seperti itu, jarang-jarang saya mendengarkan hiburan musik yang seperti begituan. Maklum lah saya berasal dari luar Pulau Jawa tepatnya dari Riau”, Kata Defrizal Hamka (PSn E 2013).

Pada Clossing Ceremony, para peserta kembali diajak untuk bersenang ria dengan berbagai Doorprize yang disediakan panitia dan sponsor. Para peserta berebut mengacungkan jari untuk menjawab setiap pertanyaan yang dilayangkan oleh MC. Tidak hanya itu, peserta juga diminta untuk mencari potongan pita yang berada dibawah bangku peserta, dan bagi siapa saja yang berhasil mendapatkan pita tersebut maka peserta mendapatkan doorprize  secara langsung.

Di akhir acara, Dr.rer.nat. Senam selaku Ketua Prodi Pendidikan Sains Program Pascasarjana UNY mengatakan “Seminar Nasional Pendidikan ini merupakan Agenda Tahunan dari Program Studi Pendidikan Sains. Acara saat ini sudah berlangsung dengan sangat baik, diharapkan kedepannya juga untuk Adik-adik Panitia agar lebih baik lagi dalam pelaksanaanya.” Beliau juga berpesan bahwa di tahun mendatang, Seminar Nasional Pendidikan Sains akan dilaksanakan setiap Bulan Oktober, Minggu Ketiga. “Persiapkan makalah peneliatan anda-anda semua”, pungkasnya. (Arief R.)

PENGUMUMAN

16 Feb 2015 - 1:35pm
16 Feb 2015 - 1:26pm

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)